Newest Post

// Posted by :Unknown // On :Selasa, 14 Oktober 2014

Artikel Oleh : Adjie Shaevi
Halo pembaca setia Purwadhika Press!
Saya ingin memberikan penjalasan singkat mengenai cara bekerjanya sebuah Sistem Operasi pada komputer.
Setelah kalian menyalakan komputer, program pertama yang bekerja adalah suatu set instruksi yang telah tersimpan di dalam memori komputer yang disebut ROM. Proses tersebut memeriksa dan memastikan apakah seluruh perangkat keras komputer berfungsi dengan baik. Power self test (POST) memeriksa keadaan CPU, memori, dan input output system (BIOS) untuk kesalahan dan menyimpan hasilnya dalam memori dengan lokasi khusus. Setelah POST menyelesaikan perangkat lunak yang dimuat dalam ROM, maka disk drive komputer akan mulai diaktifkan. Kebanyakan pada komputer modern jaman sekarang, saat komputer akan mengaktifkan hard disk, ia menemukan potongan pertama dari system operasi yang disebut bootstrap loader.
OS

 Apakah bootstrap loader itu? Bootstrap loader adalah suatu program kecil yang memiliki fungsi untuk memungkinkan untuk memulai operasi. Bootstrap loader menyediakan program driver kecil dan mengendalikan berbagai perangkat keras pada komputer. Hal tersebut adalah set up divisi memori yang memegang sistem operasi, pengguna informasi dan aplikasi. Kegunaannya adalah untuk menetapkan struktur data yang akan menjalankan berbagai sinyal yang akan digunakan untuk berkomunikasi di dalam dan antara subsistem dan aplikasi komputer.
Bootstrap Loader

Enam tugas system operasi yang paling umum adalah:
-          prosesor manajemen
-          manajemen memori
-          manajemen perangkat
-          manajemen penyimpanan
-          aplikasi antarmuka (interface)
-          antarmuka pengguna
Sekian informasi singkat mengenai cara bekerjanya sistem operasi pada komputer. Semoga dapat bermanfaat dan  menambah ilmu pengetahuan kalian semua.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

// Copyright © Adjie Shaevi Evirian //Anime-Note//Powered by Blogger // Designed by Johanes Djogan //