Newest Post

// Posted by :Unknown // On :Selasa, 14 Oktober 2014

operating-system
Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan sedikit tentang tujuan dan kegunaan dari  Operating System(OS). OS sendiri adalah sebuah program yang mengatur jalannya sebuah aplikasi/program dan  bekerja sebagai perantara/pennghubung antara aplikasi dan hardware computer. OS memiliki 3 tujuan, yaitu :
  1. Kenyamanan : OS mempermudah pemakaian computer
  2. Efisiensi : OS membuat pekerjaan computer menjadi lebih efisien
  3. Bisa berevolusi : OS selayaknya dibentuk sedemikian rupa agar bisa dikembangkan, di tes dan mengenalkan fungsi2 baru secara efektif dan tidak mengganggu pelayanan.
Dalam hal kenyamanan, OS memberikan beberapa pelayanan seperti berikut :
  1. Program Development : OS menyediakan berbagai fasilitas dan pelayanan seperti editors dan debugger untuk membantu programmer dalam membuat program
  2. Program excecution : Beberapa langkah perlu dilakukan untuk menjalankan sebuah program. Instruksi dan data harus dikirim ke main memory. I/O device dan file-file harus diinisialisasi dan sumber daya lainnya harus disiapkan. OS menangani penjalanan langkah-langkah tersebut untuk si pengguna.
  3. Access to I/O device : Setiap I/O device memiliki interfacenya masing-masing, sehingga setiap I/O device memilki interface yang berbeda-beda. OS memberikan interface yang standar, interface yang sudah mencakup semua interface dari setiap I/O device kepada pengguna.
  4. Controlled access to files : OS membantu untuk mengakses file yang berbeda-beda namun memiliki interface yang mirip kepada user. Selain itu OS juga menyediakan perlindungan dalam multi access system
  5. System access :OS mengatur akses ke dalam system secara keseluruhan dan ke sumber daya system tertentu
  6. Error detection and response : Banyak error yang bisa terjadi saat system computer sedang berjalan. Error tersebut mencakup internal dan external hardware error dan bermacam-macam software error. Untuk setiap error yang terjadi OS akan menyediakan respon yang menyelesaikan/menghilangkan error tersebut.
  7. Accounting : OS akan mencatat statistic penggunaan sumber daya computer dan mengawasi performa computer.
Dalam hal efisiensi OS berfungsi sebagai Resource manager. Sebuah computer adalah sekumpulan sumber daya untuk perpindahan, penyimpanan dan pemrosesan data, OS lah yang bertanggung jawab untuk mengatur sumber daya tersebut. OS berjalan seperti software computer biasa, yaitu program atau sekumpulan program yang dijalankan oleh prosesor. OS biasanya melepas kendali dan harus bergantung kepada prosesor untuk mendapatkan kendali kembali.
OS akan berevolusi untuk 3 alasan :
  1. Hardware upgrades dan jenis hardware yang baru
  2. Pelayanan baru
  3. Perbaikan
Sekian informasi yang bisa saya berikan tentang kegunaan dan tujuan dari sebuah Operating System kepada anda para pembaca. Semoga artikel ini bermanfaat untuk menambah wawasan anda.(BSP)

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

// Copyright © Adjie Shaevi Evirian //Anime-Note//Powered by Blogger // Designed by Johanes Djogan //